Cara Menghitung Throughput, Delay Dan Packet Loss Menggunakan Wireshark dan Rumus

Kali ini saya ingin sedikit sharing mengenai cara untuk menghitung nilai dari throughput, delay dan packet loss dengan menggunakan tools wireshark dan juga rumus. :

1. Apa sih throughput itu ?
    Throughput adalah kecepatan rata-rata data yang diterima oleh suatu suatu node dalam selang waktu pengamatan tertentu. Throughput merupakan bandwidth aktual saat itu juga dimana kita sedang melakukan koneksi. Satuan yang dimilikinya sama dengan bandwidth yaitu bps.

Rumus untuk menghitung nilai througput adalah

 throughput Jumlah data yang dikirim   
                       Waktu pengiriman data

Contoh kasus untuk mendapatkan nilai throughput dengan menggunakan aplikasi wireshark yaitu pada saat saya mengimplementasikan VoIP ( Voice Over Interent Protocol )  menggunakan Briker, Berikut langkah langkahnya :

a. Jalankan Voip Server yang sudah di setting di PC Server
b. Jalankan Aplikasi Wireshark pada PC Server
c. Setiap Client saling melakukan tes call

Pada aplikasi wireshark akan terlihat protocol yang sedang bekerja selama proses percakapan berlangsung dan untuk mendapatkan nilai througputnya kita harus stop dahulu proses capture aplikasi wireshak kemudian pilih statistic kemudian pilih summary maka akan muncul gambar dibawah ini :


pada gambar diatas terlihat nilai dari Througput yang didapatkan adalah 0.272 MBit/sec, maka jika kita kembali hitung dengan menggunakan rumus (1.1)

throughput Jumlah data yang dikirim   
                       Waktu pengiriman data

Throughput = 2769572   ( Bytes ) 
                      81.59 ( Between First and last packet )
                    = 0.272 MBit/sec

2. Packet Loss
   Packet Loss adalah banyaknya paket yang hilang pada suatu jaringan paket yang disebabkan oleh tabrakan (collision), penuhnya kapasitas jaringan, dan penurunan paket yang disebabkan oleh habisnya TTL (Time To Live) paket. 

Rumus untuk menghitung packet loss

Untuk melihat nilai dari packetloss pertama buka Aplikasi Wireshark kemudian dipilih Telephony --> RTP --> Show All Stream --> Stream Analysis  --> Pilih Ip client -->  Pilih Analyze, maka akan muncul gambar berikut ini untuk mendapatkan nilai dari packet loss.

Dari gambar diatas nilai dari packet loss yang didapatkan adalah 1.45 %, jika kita hitung dengan menggunakan rumus maka,



Paket Yang diterima  =  Paket yang dikirim – Paket Yang Hilang
= 3103 – 45 = 3058
                        Packet Loss = ( 3103-3058 / 3013 ) x 100 %
                                            = 1.45 %

3. Delay 
  Delay adalah waktu  tunda saat paket yang diakibatkan oleh proses  transmisi dari satu titik menuju titik lain yang menjadi tujuannya. Delay diperoleh dari selisih waktu kirim antara satu paket TCP dengan paket lainnya yang direpresentasikan dalam satuan seconds.
Rumus untuk menghitung nilai delay adalah :

                              Rata Rata Delay=Total Delay / Total Paket Yang DiTerima

Buka Aplikasi Wireshark kemudian dipilih Telephony --> RTP --> Show All Stream --> Stream Analysis  --> Pilih Ip client --> Pilih Analyze, maka akan muncul gambar berikut ini.

Pada gambar diatas total delay nya 62.03 second, dan total paket yang diterima adalah 3103, sehingga jika hitung sesuai dengan rumus didapatkan

Rata Rata Delay = 62.03 / 3103 = 0.019990 Detik

2 comments

mas punya saya waktu cari rata rata paket lost dan paket delay kok ngga ada ya..???
saya pake jaringan lan setelah di capture di bagian telephony rtp stream analysis kok ngga bisa di buka kalau di show all stream bisa cuman ngga kelihatan hasilnya tolong solusinya dong

Reply

Cara Menghitung Throughput, Delay Dan Packet Loss Menggunakan Wireshark Dan Rumus >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Menghitung Throughput, Delay Dan Packet Loss Menggunakan Wireshark Dan Rumus >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Menghitung Throughput, Delay Dan Packet Loss Menggunakan Wireshark Dan Rumus >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Reply

Post a Comment