Prosesor Smartphone Terbaru MediaTek Helio X30, Apa Kelebihannya ?


 Vendor chipset mobile asal Taiwan, MediaTek, telah resmi mengungkap chip baru bertajuk Helio X30 beberapa waktu lalu. Helio X30, merupakan chipset pertama yang dibuat oleh MediaTek dengan proses fabrikasi 10nm.
Lebih lanjut Helio X30 merupakan chipset deca-core didesain dengan tri-cluster yang terdiri dari dua core Cortex A-73 dengan kecepatan 2.8GHz, empat core Cortex-A53 berkecepatan 2.3GHz dan empat core Cortex-A35 @2.0GHz.
Cortex-A73 merupakan core yang memiliki kenerja lebih tinggi dan sebagai penerus dari generasi sebelumnya A-72. Tidak diragukan A-73 akan menyajikan kinerja lebih baik dan konsumsi daya lebih rendah.
Secara umum, chipset berasitektur tri-cluster dari MediaTek ini menawarkan peningkatan 53% hemat daya dan 43% dalam hal kinerjanya dibanding Helio X20. Sementara GPU Mali-T880 telah diganti dengan seri PowerVR 7XT yang akan menawarkan kinerja 2,4 kali lebih baik dan peningkatan 58% dalam hal penghematan daya.
Dari kemampuan yang ditawarkan, Helio X30 disebut telah menambahkan dukungan encode 4K VP9 untuk video serta sudah mendukung untuk sensor kamera beresolusi lebih tinggi hingga 28 MP. Dari sisi dukungan memori juga telah mengalami peningkatan, di mana X30 support untuk 16-bit LPDDR4X (max. 8GB) dan storage UFS 2.1. Untuk konektivitas, prosesor ini juga sudah mengalami peningkatan dari Cat-6 ke Cat-10.
Seperti diberitakan GizmoChina, chipset Helio X30 akan diproduksi secara massal oleh MediaTek pada awal tahun depan.
SUMBER : SELULAR.ID

3 comments

Qualcomm is now left in the dust... Even the 820 will be outdated once it becomes available.
Helio X30 vs Snapdragon 830

Reply

kelebihanya banyak ya, jadi smartphone yang sudah terpasang prosesor ini pasti keren ya...
blower hp

Reply

terimakasih gan artikelnya bermanfaat sekali, kata-katanya mudah dimengerti. Ngomong-ngomong soal prosesor mediatek kunjungi juga Processor Mediatek vs Snapdragon, Siapa Lebih Baik?

Reply

Post a Comment