Google Siap Lawan WhatApp dan Line Dengan Aplikasi Allo


Google tidak mau hanya menjadi penonton untuk pasar pesan instan yang kini dikuasai WhatsApp. Raksasa teknologi itu menyiapkan Allo untuk ponsel dengan sistem operasi Android dan iOS. Supaya berhasil menarik perhatian pengguna ponsel, seabrek fitur yang tidak dimiliki kompetitor disediakan.
Allo memiliki fitur dasar yang dimiliki aplikasi pesan instan yakni emoji dan percakapan yang terenkripsi untuk keamanan privasi. Namun, enkripsinya tidak seperti WhatsApp yang aktif dalam percakapan dua arah. Allo punya mode incognito atau menyamar.
Sama seperti yang tersedia dalam browser Chrome, mode itu memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan secara rahasia. Ponsel tidak akan mencatat kegiatan itu lewat cara apapun. Selama mode incognito tidak ditutup, pesan itu akan masih tersimpan. Tapi, saat ditutup maka smeua pesan langsung hilang tanpa bekas.
Keunikan lain yang ditawarkan Google Allo adalah stiker. Fitur ini lazim dikenal bagi pengguna pesan instan Line dan tidak terdapat di WhatsApp. Google mengklaim chat akan makin ekspresif dengan beragam stiker yang keren. ’’Stiker itu didesain oleh artis dan studio independen dari seluruh dunia,’’ sebut Google di Play Store.
Yang paling asing, kemampuan untuk corat coret di layar. Layaknya Snapchat, pengguna bisa mengekspresikan pesannya lewat teks maupun menggambar. Fitur ini, tidak dimiliki oleh WhatsApp, Telegram, Line, BeeTalk, sampai We Chat. Fitur ini bisa untuk chat pribadi maupun grup.
Keunikan lain adalah fitur Smart Reply. Google menjanjikan, pengguna bisa membalas pesan tanpa perlu mengetik satu kata pun. Iya, anda tidak salah baca. Itu bisa dilakukan karena Smart Reply bisa mempelajari pola pengguna dalam merespon suatu pesan.
’’Akan ada saran tanggapan bisa dengan teks maupun foto yang sesuai. Segera tersedia dalam bahasa Indonesia,’’ imbuh Google. Yang masih bingung, cara kerjanya begini. Ketika pengguna selalu merespon dengan kata ’’OTW’’ untuk pertanyaan ’’Dimana, Jadi Kesini Tidak?’’, maka setiap ada pesan dengan pertanyaan serupa akan muncul saran balasan menggunakan ’’OTW’’. Jika sesuai, tinggal klik kata itu.
Google Allo juga mencoba memahami emosi seseorang ketika berkirim pesan. Supaya lebih ekspresif, lewat Allo memungkinkan untuk mengubah ukuran teks. Misal, saat marah mengirim pesan dengan teks berukuran besar. Atau kalau mau berbisik, tinggal mengecilkan ukuran teks.
Fitur terakhir yang menarik adalah asisten Google pribadi. Jadi, saat sedang asyik chatting juga bisa disambi dengan mencari sesuatu di Google. Cukup ketik @google di kolom chat, akan muncul asisten yang siap membantu. Untuk sementara, baru tersedia dalam bahasa Inggris. Namun Google menjanjikan ada layanan dalam bahasa Indonesia.
Bagaimana, tertarik mencoba Allo? Kalau iya, sabar dulu. Sebab, saat ini belum bisa diunduh secara bebas. Aplikasi itu sementara ini hanya bisa diuji oleh beberapa orang yang mendaftarkan diri ke Google.

sumber: http://fajar.co.id/2016/09/22/google-siap-lawan-whatapp-dan-line-dengan-aplikasi-allo/

1 comments:

Post a Comment